Wanita Tidak Diperbolehkan Menonton Laga Juventus Hadapi Milan Sendirian

Wanita Tidak Diperbolehkan Menonton Laga Juventus Hadapi Milan Sendirian

Wanita Tidak Diperbolehkan Menonton Laga Juventus Hadapi Milan Sendirian

prediksi7up.com – Piala Super Italia pada Juventus versus AC Milan yang diselenggarakan di King Abdullah Sports City di Jeddah, Arab Saudi, dikritik aktivis hak asasi sesudah panitia melarang pemirsa wanita hadir sendirian tiada muhrimnya. Wanita Tidak Diperbolehkan Menonton Laga Juventus Hadapi Milan Sendirian

Wanita Tidak Diperbolehkan Menonton Laga Juventus Hadapi Milan Sendirian

Super Coppa Italiana, yang menghadapkan juara liga serta juara Coppa Italia, diselenggarakan di Arab Saudi. Tetapi menjadi efek dari ketetapan mengadakan laga di tanah Arab ini ialah, panitia ditempat keberatan dengan fans wanita Italia yang hadir sendirian tiada ditemani bagian keluarga lelaki.

Hujatan hadir dari beberapa pihak. Sebagai negara dengan latar belakang Katolik, politisi serta aktivis hak asasi Italia tidak dapat mengerti kenapa seorang wanita mesti hadir ditemani muhrimnya, suatu yang lebih umum dapat kita mengerti di Indonesia.

Laura Boldrini, seorang aktivis hak-hak wanita serta bekas presiden parlemen rendah di Italia, menjelaskan di Twitter: “Wanita di #SuperCoppaItaliana pergi ke stadion cuma bila ditemani oleh pria. Apa kita tengah bercanda? Beberapa penguasa #sepakbola dapat jual hak laga, tapi mereka semestinya tidak diizinkan memperdagangkan hak-hak wanita!”

Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Salvini, seperti diambil oleh The Sun menjelaskan: “Menyedihkan jika Supercup Italia dimainkan dalam suatu negara Islam dimana wanita tidak dapat pergi [sendirian] ke stadion bila mereka tidak ditemani oleh pria.”

Salvini, yang disebut seorang pengagum AC Milan, serta jarang melupakan laga klub itu, memberikan: “Saya akan tidak tonton laga ini.”

Laga yang akan berjalan pada 17 Januari jam 00.30 WIB ini sudah dikritik oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia sesudah pembunuhan profil populer, Jamal Khashoggi.

Sebelas orang mulai diadili tempo hari di Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Washington Post itu, yang sebagian orang salah satunya dipercaya datang dari lingkaran dalam putra mahkota, Mohammed bin Salman.

Amnesty International menjelaskan pertandingan Super Coppa Italia seperti itu cuma menolong Arab Saudi, yang mempunyai catatan hak asasi manusia yang jelek, untuk merubah citra mereka yang ternoda. Praktik seperti ini diketahui dengan nama ‘sportswashing’.

Bekas Menteri Berolahraga Italia, Luca Lotti – yang mendukung seruan Amnesty supaya Supercoppa tidak dilanjutkan di Arab Saudi sesudah insiden pembunuhan Khashoggi – pun menyikapi masalah penetapan pada fans wanita ini.

Arab Saudi selalu ada dibawah desakan untuk memberikan semakin banyak kebebasan buat wanita semenjak MBS berkuasa pada 2017. Pada Januari 2018, contohnya, wanita diizinkan jadi pemirsa di laga sepak bola, walau mereka tetap harus ditemani oleh muhrimnya serta tonton di tribun spesial untuk wanita serta keluarga.

Sebebas-bebasnya wanita mengemudikan kendaraan di Arab Saudi, tidak mungkinlah lihat adegan seperti berikut ini muncul dari King Abdullah Sports City di Jeddah.