Ramos serta Courtois Menanggapi Kontroversi VAR di Liga Champions

Ramos serta Courtois Menanggapi Kontroversi VAR di Liga Champions

Ramos serta Courtois Menanggapi Kontroversi VAR di Liga Champions

prediksi7up.com – Laga antara Ajax Amsterdam melawan Real Madrid terdapat sebuah kontroversial yang dibuat oleh teknologi VAR di Liga Champions. Dua punggawa dari klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid, ikut menanggapi tentang insiden VAR yang dinilai menolong timnya menang dalam laga di Johan Cruijff Arena itu. Ramos serta Courtois Menanggapi Kontroversi VAR di Liga Champions

Ramos serta Courtois Menanggapi Kontroversi VAR di Liga Champions

Dalam laga tersebut, tepatnya pada menit ke-37, Ajax memang dapat lebih dahulu menjebol gawang Real Madrid. Proses gol berawal dari umpan sepak pojok Lasse Schoene yang disambar Matthijs de Ligt dengan sundulan. Bola diblok Thibaut Courtois dengan tidak cukup sempurna dan pulang melambung bebas di lokasi penalti.

Nicolas Tagliafico yang berdiri bebas langsung menyundul bola ke arah gawang. Para pemain Ajax sontak larut dalam euforia gol. Namun, wasit Damir Skomina tiba-tiba berkonsultasi dengan offisial pertandingan selaku operator VAR guna meyakinkan apakah gol tersebut sah atau tidak.

Setelah tidak cukup lebih semenit berkonsultasi, wasit langsung mengarah ke layar di pinggir lapangan guna meyakinkan sendiri keabsahan gol. Melalui tayangan yang dilihatnya, wasit Damir Skomina akhirnya menyimpulkan gol mesti dianulir.

Dalam tayangan VAR, terlihat Dusan Tadic berdiri dalam posisi offside ketika Tagliafico menyundul bola. Memang, Tadic tak mengganggu laju bola ke gawang. Namun, wasit memandang mantan pemain Southampton tersebut menghalangi gerak Courtois ketika coba menyambar bola. Gol darurat dianulir.

aat beberapa pihak memandang gol tersebut seharusnya disahkan, Courtois malah setuju dengan keputusan wasit. Terlebih, dia sendiri yang merasakan saat posisi Tadic merintangi niatnya guna menyambar bola binal sebelum disundul Tagliafico.

“Apakah (VAR) tersebut keputusan yang tepat? Saya rasa iya. Ketika insiden terjadi, saya pikir memang offside. Ketika pemain Ajax menyundul bola, saya coba guna mengangkapnya. Namun, dia (Tadic) merintangi saya. Beruntung terdapat VAR ketika orang beda tak yang menyaksikan insiden itu,” ungkap Courtois laksana dikutip dari BBC.

Pernyataan Courtois mendapat sokongan dari kapten Real Madrid, Sergio Ramos. Pemain yang baru saja menulis penampian ke-600 di Liga Champions tersebut bahkan tak sungkan menyatakan sebagai penyokong VAR di sepak bola.

“Saya sudah menuliskan berulang kali bahwa saya adalahpendukung VAR di Liga Champions. Keberadaan VAR menciptakan sepak bola perlahan menjadi lebih adil,” bilang Ramos.

Dalam laga tersebut, Real Madrid dapat memetik kemenangan 2-1. Padahal, mereka mendapat tekanan hampir sepanjang laga. Dua gol klub berjuluk Los Blancos tersebut dilesakkan Karim Benzema dan Marco Asensio. Sementara, gol Ajax dibuat Hakim Ziyech.

“Kami tahu bagaimana teknik bertahan, menyimak permainan, dan membuat ruang melawan mereka guna memanfaatkan kecepatan kami. Kami menemukan hasil yang hebat dan kini gantian kami yang akan menciptakan mereka menderita di kandang kami,” ucap Ramos.

Bermodal kemenangan 2-1, diuntungkan pada pertemuan kedua Ajax vs Real Madrid di Estadio Santiago Bernabeu pada Rabu (6/3) mendatang. Tim asuhan Santiago Solari itu melulu perlu hasil imbang guna meyakinkan tahapan ke babak perempat final.